Jumat, 09 Maret 2012

Cara Membuat VPN Server Dengan Mikrotik

Malem ni saya coba sharing bagaimana cara membuat vpn server dengan mikrotik dengan winbox. Apa itu VPN? mungkin di artikel ini saya ga bahas secara detail apa itu vpn. Jika anda landing ke halaman ini via google saya anggap anda sudah tau fungsi vpn.. hehehee

Lanjut nyok…

Pertama, kita aktifkan fungsi vpn/pptp di mikrotik. Klik menu “PPP” trus klik tombol “PPTP Server” Centang pada menu option “enable“


Kedua, kita buat interface vpn/pptp servernya. Klik tanda “+” lalu pilih PPTP Server. Isi kolom “Name” terserah anda, itu untuk identitas interfaces vpn anda di mikrotik.


Ketiga, kita buat profile untuk vpn servernya. Klik tab “Profile” Klik 2x “default-encryption”

Isi Option Diatas :

Local Address : 192.168.89.1 (isi terserah anda ip nya, ip ini adalah ip gateway yang digunakan client vpn anda. IP ini secara dynamic menjadi IP Address VPN Server Anda)
Remote Address : 192.168.89.2 (isi terserah anda yg penting 1 class yeh. IP ini yang diterima di komputer client VPN server anda, jika lebih dari 1 komputer client vpn, anda bisa gunakan IP > Pool untuk membuat range IP. Klik dropdownnya nanti ada list Pool yang anda buat)
DNS Server : 192.168.89.1 (isi ip DNS server yang akan diterima client vpn server anda)

Setelah selesai klik OK

Keempat, kita buat username password yang digunakan untuk koneksi ke server VPN anda. Klik tab “Secrets” trus klik tanda “+“


Isi Option :

Name : adam (isi username bwt login)
Password : biji (isi password bwt login)
Service : pptp ( karena username password ini kita pakai untuk otentifikasi service pptp)

Kalo udah klik OK

Sekarang sih anda sudah membuat Mikrotik Anda sebagai VPN Server. Anda bisa mencoba konfigurasi anda dengan dial VPN server anda dengan windows xp atau windows 7. Cara buat koneksi/dial vpn pake windows coba muter2 sama mbah google yak… :D

Jasa Instalasi Mikrotik

Om, gimane kalo ane pengen konek ke vpn ane dari luar jaringan ?
Mikrotik anda mempunyai IP publik langsung pada interface WAN anda, jadi anda dial menggunakan IP publik yang diberikan ISP. Dan pastinya IP publik ntu exist di cloud internet.

Kalo ane pake speedy gimane ?
Buat modem adsl anda mode bridge, dial pppoe/username speedy anda via mikrotik. Untuk tutornya bisa lihat di Dial ADSL Speedy dengan MikroTik

Emang buat apaan sih ntu VPN Server ?
Kalo anda mempunyai warnet di rusia, dan rumah anda di indonesia. VPN server ini menjembatani jaringan lokal disana dengan komputer anda. Jadi anda bisa terkoneksi dengan PC dalam jaringan LAN disana . Sebenrnya buanyak fungsi VPN sie, salah satunye ntu deh.

semoga bermanfaat.....
salam BKe.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar